Cara Kerja Water Heater Tenaga Surya

Water Heater Tenaga Surya
Water heater tenaga surya (solar water heater) merupakan water heater yang menggunakan energi matahari sebagai sumber energi penghasil panasnya. Jenis yang satu ini memang paling hemat listrik karena menggunakan tenaga matahari sebagai sumber panas, tetapi harga jenis ini jauh lebih mahal dibandingkan dengan tipe lainnya. Solar water heater sangat cocok untuk daerah tropis yang dilimpahi sinar matahari sepanjang tahun. Tipe ini tidak memerlukan biaya operasional yang besar karena menggunakan tenaga surya yang tersedia secara gratis. Water heater tenaga surya ini memiliki beberapa komponen penting diantaranya :
- Tangki penampung air, berfungsi menyimpan air - Panel kolektor penyerap sinar matahari, terdiri dari plat alumunium yang dilindungi pabel kaca setebal 5 mm dan terpasang di atap
- Pipa-pipa air panas, berfungsi untuk mengalirkan air panas dari tangki ke kran air yang terpasang di rumah

Panel kolektor water heater tenaga surya
Selain menggunakan sinar matahari, water heater tenaga surya masih memerlukan energi listrik untuk menyalakan pompa yang mengalirkan air ke kran serta menyalakan pemanas cadangan (electric heater) saat sinar matahari tidak memadai untuk memanaskan air (karena cuaca mendung atau hujan). Untuk menggunakan water heater tenaga surya, diperlukan ruang di atas atap yang cukup luas. Kemiringan atap harus sesuai dengan spesifikasi produknya. Apabila kemiringan atap tidak memenuhi syarat harus dipasang rangka tambahan untuk peletakan panel kolektornya.

Kelebihan :
- Ramah terhadap lingkungan karena memanfaatkan energi tak terbataskan (matahari)
- Hemat biaya operasional karena hanya mengeluarkan saat menyalakan pemanas cadangan (electric heater) yang membutuhkan listrik.

Kekurangan:

- Harga relatif mahal
- Proses pemasangan instalasinya rumit karena membutuhkan panel surya yang ditempatkan di atap, sehingga memerlukan biaya tambahan

  ©Otak Pedot - Todos os direitos reservados.

Template Modifikasi Papih DuL | Topo