Prinsip kerja water heater listrik

Water Heater Listrik
Sesuai namanya, water heater listrik menggunakan listrik sebagai sumber energi pemanasnya. Water heater listrik yang tersedia di pasaran terbagi menjadi 2 macam, sistem tangki dan instan. Prinsip kerja water heater listrik sistem tangki hampir sama dengan memasak air menggunakan Listrik (thermos listrik). Air ditampung dalam sebuah tangki berisolasi yang dilengkapi dengan pipa ber elemen pemanas listrik yang melingkar. Perpindahan kalor/panas yang terjadi akan diserap oleh air di dalam tangki tersebut. Di dalam tangki sendiri terdapat 3 elemen utama, yaitu :
- Heating element, berfungsi untuk memanaskan air, biasanya terbuat bahan kuningan
- Thermostat, berfungsi untuk menjaga kondisi air dalam tangki tetap panas pada suhu tertentu
- Magnesium anode, berfungsi untukmenetralkan ion-ion positif dalam air sehingga membantu mencegah karat pada elemen-elemen dalam tangki.

      Penggunaan water heater listrik seringkali menimbulkan kekhawatiran timbulnya masalah dari pemakaian alatnya. Momok yang kerap muncul adalah bahaya tersengat aliran listrik. Namun Anda tidak perlu takut karena mayoritas water heater listrik sudah dilengkapi dengan pengaman berupa anti kontak, sehingga secara otomatis akan memutus aliran listrik jika terjadi kebocoran atau muncul masalah-masalah lain.

      Tangki water heater listrik Masalah lain yang sering ditemui yaitu volume air yang didapatkan sedikit serta panasnya tidak bisa bertahan lama. Permasalahan ini biasanya muncul pada water heater listrik dengan sistem tangki. Untuk mengatasinya pastikan aliran air yang keluar cukup kencang, sehingga volume air yang keluar dan masuk
kran berimbang.

Kelebihan :
- Praktis, karena tinggal disambungkan ke sumber listrik dan langsung bisa dipergunakan.

Kekurangan :

- Membutuhkan daya listrik cukup besar, minimal 350 W, bahkan bisa mencapai dua kali lipat untuk kapasitas air yang besar.
- Apabila aliran listrik mati, water heater tidak dapat dipergunakan.


Oya untuk anda yang membutuhkan atau sekedar mempelajari teknis alat merubah tegangan DC/Aki Mobil menjadi listrik PLN maka anda bisa pelajari dengan klik https://www.invertertaiwan.com

  ©Otak Pedot - Todos os direitos reservados.

Template Modifikasi Papih DuL | Topo