Prinsip kerja Termometer alat ukur suhu

Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu (temperatur), ataupun perubahan suhu. Istilah termometer berasal dari bahasa Latin thermo yang berarti panas dan meter yang berarti untuk mengukur. Prinsip kerja termometer ada bermacam-macam, yang paling umum digunakan adalah termometer air raksa.

Dikembangkan selama abad 16 dan 17, termometer (dari makna (termo) Yunani θερμός "panas" dan meter, "untuk mengukur") adalah sebuah perangkat yang mengukur suhu atau gradien suhu menggunakan berbagai prinsip yang berbeda. Termometer memiliki dua elemen penting: sensor suhu (misalnya bola pada termometer merkuri) di mana beberapa perubahan fisik terjadi dengan suhu, ditambah beberapa cara mengkonversi perubahan fisik ke dalam nilai numerik (misalnya skala pada termometer merkuri) biasanya menggunakan gelas kaca.

Suhu

Sementara sebuah termometer individu mampu mengukur derajat panas,pembacaan pada dua termometer tidak bisa dibandingkan kecuali mereka sesuai dengan skala yang disepakati. Saat ini digunakan skala temperatur termodinamika absolut. Skala suhu disepakati secara internasional yang dirancang untuk perkiraan ini erat, berdasarkan poin tetap dan termometer interpolasi. Skala temperatur terbaru resmi adalah Skala Suhu Internasional 1990. Ini memanjang dari 0,65 K (-272,5 ° C; -458,5 ° F) untuk sekitar 1.358 K (1085 ° C; 1.985 ° F).

  ©Otak Pedot - Todos os direitos reservados.

Template Modifikasi Papih DuL | Topo