Manfaat Kunyit ( Curcuma longa linn ) made in gw











Kunyit atau yang biasa dikenal dengan kunir curcuma longa linn, merupakan salah satu tanaman rempah dan obat asli dari asia. Banyak digunakan sebagi bumbu masakan, jamu, pengawet, dan digunakan juga untuk merawat kecantikan.

Berikut ini beberapa manfaat dari kunyit:

    1. Mencegah Alzheimer
    Dalam kunyit terdapat kandungan yang berfungsi sebagai antioksidan dan anti-inflamasi. Dengan mengkonsumsinya secara rutin maka anda dapat terhindar dari penyakit Alzheimer, sebuah penyakit yang akan bermasalah dengan ingatan dan cara berfikir.

    2. Mengobati Tifus
    Anda bisa membuat obat tifus dengan kunyit, caranya yakni dengan menumbuk 2 rimpang kunyit yang dicampurkan dengan 1 bonggol sere dan 1 lembar daun sambiloto. Setelah halus tambahkan 1 gelas air matang, saring dan minum ramuan tersebut selagi masih hangat.

    3. Mencegah kanker
    Antioksidan yang terkandung dalam kunyit bermanfaat untuk mencegah kerusakan dan mutasi sel. Selain itu terdapat juga kandungan kurkumin, dimana kandungan ini bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan kanker seperti kanker perut, kanker usus, dan kanker kulit.

    4. Mengurangi resiko diabetes
    Kandungan kurkumin dalam kunyit juga bermanfaat untuk mengurangi resistansi insulin. Sehingga membuat kandungan kadar glukosa dalam darah anda bisa dikendalikan, dengan begitu anda akan terhindar dari diabetes.

    5. Mencegah anemia
    Anemia merupakan penyakit kurangnya sel darah merah. Salah satu penyebab anemia yakni kurangnya zat besi, karena zat besi merupakan komponen penting dalam pembentukan sel darah merah tersebut. Untuk menghindari anemia anda bisa mengkonsumsi kunyit secara rutin.

    6. Melancarkan pencernaan
    Kandungan minyak atsiri dan kurkumin dalam kunyit bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan.











 Cara membuat ramuan dari kunyit

 Pengobatan menggunakan kunyit bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu pengobatan luar dan pengobatan dari dalam. Untuk pengobatan dalam biasanya kunyit dijadikan minuman atau sebagai jamu. Untuk pengobatan luar, kunyit bisa diparut dan dijadikan masker. Bisa juga dibuat salep dan ditempelkan pada bagian yang sakit.

Untuk Pengobatan Dalam
Untuk penggunaan internal, Anda bisa mengonsumsi satu sendok teh kunyit bubuk. Bisa dicampur dengan susu atau gula. Tambahkan air hangat, aduk, dan minum secara teratur. Minum setiap hari dan lihat manfaatnya untuk kulit Anda.

Untuk Pengobatan Luar
Sementara untuk penggunaan eksternal, Anda bisa membuat pasta kunyit dengan tepung buncis dan sedikit air. Terapkan pasta ini sebagai masker, diamkan selama 10 menit, lalu bilas. Lihat perbedaan yang terjadi pada kulit wajah Anda.

Mengobati Keputihan dengan Kunyit
Untuk keputihan, Anda dapat menggunakan dua rimpang kunyit, satu genggam daun beluntas, satu gagang buah asam, sepotong gula kelapa atau aren. Semua bahan direbus hingga mendidih dengan menggunakan satu liter air kemudian disaring. Minumlah secara rutin sati gelas sehari.

Mengobati Koreng dan Gatal
Masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan kunyit yang ditumbuk dan dicampur dengan minyak, lalu dioleskan di area yang bermasalah.

Merangsang Keluarnya ASI
Khusus wanita, untuk merangsang pengeluaran ASI saat menyusui dapat menggunakan pupuk kunyit yang disapukan pada payudaranya. Dan masih banyak lagi cara pengobatan dengan kunyit ini.


kunyit itu mudah di dapat, murah juga harganya. Tinggal bagaimana cara kita sendiri untuk memanfaatkannya. wassalam,,,,

  ©Otak Pedot - Todos os direitos reservados.

Template Modifikasi Papih DuL | Topo